Minggu, 15 November 2009

TEORI BELAJAR

TEORI BELAJAR

I Teori Belajar Behavioristik
Teori ini menyatakan belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon. Atau , belajar merupakan bentuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuan untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika ia dapat menunjukan perubahan tingkah lakunya.
Ada dua hal yang terpenting yaitu, masukan (input) yang berupa stimulus dan keluaran (output) yang berupa respon, sedangkan apa yang terjadi diantara stimulus dan respon dianggap tidak penting diperhatikan karena tidak dapat diamati dan tidak dapat diukur. Teori ini mengutamakan pengukuran, sebab pengukuran merupakan suatu hal yang penting untuk melihat terjadi tidaknya perubahan tingkah laku tersebut.
Faktor lain yang juga dianggap penting adalah factor penguatan (reinforcement). Peguatan merupakan apa saja yang dapat memperkuat timbulnya respon. Bila penguatan ditambahkan (positive reinforcement) maka respon akan semakin kuat. Begitu juga bila penguatan dikurangi (negative reinforcement) respon pun akan tetap dikuatkan. Proses penguatan ini diperkuat oleh suatu situasi yang dikondisikan, yang dilakukan secara berulang – ulang. Jadi penguatan merupakan suatu bentuk stimulus yang penting diberikan (ditambahkan) atau dihilangkan (dikurangi) untuk memungkinkan terjadinya respons.
Beberapa tokoh aliran behavioristik diantaranya adalah Thorndike, Watson, Clark Hull, Edwin Guthrie, dan Skinner. Pembahasan secara singkat karya para tokoh aliran behavioristik sebagai berikut.
1.1 Teori belajar menurut Thorndike
Thomdike berpendapat, belajar adalah proses interaksi antara stimulus dan respon. Perubahan tingkah laku akibat dari kegiatan belajar itu dapat berwujud konkrit yaitu yang dapat diamati, atau tidak konkrit yaitu yang tidak dapat diamati. Meskipun aliran behaviorime sangat mengutamakan pengukuran, namun ia tidak dapat menjelaskan bagaimana cara pengukuran tingkah laku – tingkah laku yang tidak dapat diamati.


1.2 Teori belajar menurut Watson
Watson berpendapat, belajar adalah proses interaksi antara stimulus dan respon, namun stimulus dan respon yang dimaksud harus berbentuk tingkah laku yang dapat diamati (observable) dan dapat diukur. Dengan kata lain, walaupun ia mengakui adanya perubahan – perubahan mental dalam diri seseorang selama proses belajar, namun ia menganggap hal – hal tersebut sebagai factor yang tidak perlu diperhitungkan. Ia tetap mengakui bahwa perubahan – perubahan mental dalam benak siswa itu penting, namun semua itu tidak dapat menjelaskan apakah seseorang telah belajar atau belum karena tidak dapat diamati.
1.3 Teori belajar menurut Clark Hull
Clark Hull juga menggunakan variable hubungan antara stimulus dan respon untuk menjelaskan pengertian tentang belajar. Namun ia sangat terpengaruh oleh teori evolusi yang dikembangkan oleh Charles Darwin yaitu semua fungsi tingkah laku bermanfaat terutama untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan biologis dan pemuasan kebutuhan biologis adalah penting dan menempati posisi sentral dalam seluruh kegiatan manusia, sehingga stimulus dalam belajar pun hampir selalu dikaitkan dengan kebutuhan biologis, walaupun respon yang akan muncul mungkin dapat bermacam – macam bentuknya.
1.4 Teori belajar menurut Edwin Guthrie
Edwin Guthrie menggunakan variable hubungan antara stimulus dan respon untuk menjelaskan terjadinya proses belajar. Dijelaskan bahwa hubungan antara stimulus dan respon hanya bersifat sementara, Oleh sebab itu dalam proses belajar peserta didik perlu sesering mungkin diberikan stimulus agar hubungan antara stimulus dan respon bersifat lebih tetap. Dan agar respon yang muncul sifatnya lebih kuat dan bahkan menetap, maka diperlukan berbagai macam stimulus yang berhubungan dengan respon tersebut. Guthrie percaya bahwa hukuman (punishment) memegang peranan penting dalam proses belajar. Hukuman yang diberikan pada saat yang tepat akan mampu merubah kebiasaan dan perilaku seseorang.



1.5 Teori belajar menurut Skinner
Menurut Skinner, hubungan antara stimulus dan respon yang terjadi melalui interaksi dalam lingkungannya, yang kemudian akan menimbulkan perubahan tingkah laku, tidaklah sesederhana yang digambarkan. Sebab pada dasarnya stimulus – stimulus yang diberikan kepada seseorang akan saling berinterasi dan interaksi antara stimulus – stimulus tersebut akan mempengaruhi bentuk respon yang akan diberikan. Demikian juga dengan respon yang dimunculkan inipun akan mempunyai konsekuensi – konsekuensi yang pada gilirannya akan mempengaruhi atau menjadi pertimbangan munculnya perilaku.
Kelebihan dan kekurangan teori behavioristik
a. Kelebihan teori behavioristik
Ø Dapat mengganti stimulus yang satu dengan stimulus yang lainnya dan seterusnya sampai respon yang diinginkan muncul.
Ø Teori ini cocok untuk memperoleh kemampuan yang membutuhkan praktek dan pembiasaan yang mengandung unsur – unsur kecepatan, spontanitas dan daya tahan.
Ø Teori behavioristik juga cocok diterapkan untuk melatih anak – anak yang masih membutuhkan dominasi peran orang dewasa, suka mengulangi dan harus dibiasakan, suka meniru dan senang dengan bentuk – bentuk penghargaan langsung.
b. Kekurangan teori behavioristik
Ø Cenderung mengarahkan siswa untuk berfikir linier, konvergen, tidak kreatif, tidak produktif dan mendudukan siswa sebagai individu yang pasif.
Ø Pembelajaran siswa yang berpusat pada guru (teacher centered learning), bersifat mekanistik dan hanya berorientasi pda hasil yang dapat diamati dan diukur.
Ø Penerapan metode yang salah dalam pembelajaran mengakibatkan terjadinya proses pembelajaran yang tidak menyenangkan bagi siswa yaitu guru sebagai center, otoriter, komunikasi berlangsung satu arah, guru melatih dan menentukan apa yang harus dipelajari murid.


II Teori Belajar Kognitif
Teori belajar kognitif lebih mementingkan proses belajar dari pada hasil belajarnya. Model belajar kognitif mengatakan bahwa tingkah laku seseorang ditentukan oleh persepsi serta pemahamannya tentang situasi yang berhubungan dengan tujuan belajarnya. Belajar merupakan perubahan persepsi dan pemahaman yang tidak selalu dapat terlihat sebagai tingkah laku yang tampak. Teori ini berpandangan bahwa belajar merupakan suatu proses internal yang mencakup ingatan, retensi, pengolahan informasi, emosi dan aspek – aspek kejiwaan lainnya. Proses belajar terjadi antara lain mencakup pengaturan stimulus yang diterima dan menyesuaikan dengan struktur kognitif yang sudah dimiliki dan terbentuk di dalam pikiran seseorang berdasarkan pemahaman dan pengalaman – pengalaman sebelumnya. Beberapa pakar teori belajar kognitif diantaranya ; J. Piaget, Ausabel, dan Bruner. Berikut akan diuraikan lebih rinci beberapa pandangan mereka.
2.1 Teori perkembangan Piaget
Menurut Piaget, perkembangan kognitif merupakan suatu proses genetic, yaitu suatu proses yang didasarkan atas mekanisme biologis perkembangan system syaraf. Dengan semakin bertambahnya umur seseorang maka makin komplekslah sususnan sel syarafnya dan makin meningkat pula kemampuannya. Daya pikir atau kekuatan mental anak yang berbeda usia kan berbeda pula secara kualitatif.
Menurut Piaget, proses belajar akan terjadi jika mengikuti tahap – tahap asimilasi, akomodasi dan ekuilibrasi (penyeimbangan). Asimilasi merupakan proses pengintegrasian atau penyatuan informasi baru ke dalam struktur kognitif yang telah dimiliki individu. Akomodasi merupakan proses penyesuaian struktur kognitif ke dalam situasi yang baru. Sedangkan ekuilibrasi adalah penyesuaian berkesinambungan antara asimilasi dan akomodasi. Piaget membagi tahap – tahap perkembangan kognitif ini menjadi empat yaitu:
a. Tahap sensorimotor (umur 0 – 2 tahun)
Pertumbuhan kemampuan anak tampak dari kegiatan motorik dan persepsinya yang sederhana.
b. Tahap preoperasional (umur 2-7/8 tahun)
Ciri pokok perkembangan pada tahap ini adalah pada penggunaan symbol atau bahasa tanda, dan mulai berkembangnya konsep – konsep intuitif.
c. Tahap operasional konkret (umur 7 atau 8-11 tau 12 tahun)
Ciri pokoknya adalah anak sudah mulai menggunakan aturan – aturan yang jelas dan logis, dan ditandai adanya reversible dan kekekalan.
d. Tahap operasional formal (umur 11/12-18 tahun)
Ciri pokoknya adalah anak sudah mampu berfikir abstrak dan logis dengan menggunakan pola pikir “kemungkinan”.
Secara umum, semakin tinggi tahap perkembangan kognitif seseorang akan semakin teratur dan smakin abstrak cara berfikirnya. Pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan tidak sesuai dengan kemampuan dan karakteristik siswa tidak akan ada maknanya bagi siswa.
2.2 Teori belajar menurut Bruner
Dalam memandang proses belajar, Bruner menekankan adanya pengaruh kebudayaan terhadap tingkah laku seseorang. Teorinya free discovery learning mengatakan bahwa proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan suatu konsep, teori, aturan, atau pemahaman melalui contoh – contoh yang ia jumpai dalam kehidupannya. Bruner menyatakan bahwa perkembangan bahasa besar pengaruhnya terhadap perkembangan kognitif.
Menurut Bruner perkembangan kognitif seseorang terjadi melalui tiga tahap yang ditentukan oleh caranya melihat lingkungan, yaitu:
a. Tahap enactive, seseorang melakukan aktivitas – aktivitas dalam upayanya untuk memahami lingkungan sekitarnya.
b. Tahap iconic, memahami dunia sekitar anak belajar melalui bentuk perumpamaan (tampil) dan perbandingan (komparasi).
c. Tahap symbolic, seseorang telah mampu memiliki ide – ide atau gagasan – gagasan abstrak yang sangat dipengaruhi oleh kemampuannya dalam berbahasa dan logika.
Cara yang baik untuk belajar adalah memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan (discovery learning).



2.3 Teori belajar bermakna Ausubel
Struktur kognitif merupakan struktur organisasional yang ada dalam ingatan seseorang yang mengintegrasikan unsur – unsur pengetahuan yang terpisah – pisah kedalam suatu unit konseptual. Teori kognitif banyak memusatkan perhatiannya pada konsepsi bahwa perolehan dan retensi pengetahuan baru merupakan fungsi dari struktur kognitif yang telah dimiliki siswa. Pengetahuan diorganisasi dalam ingatan seseorang dalam struktur hirarkis yang artinya bahwa pengetahuan yang lebih umum, inklusif, dan abstrak membawahi pengetahuan yang lebih spesifik dan konkret. Demikian juga pengetahuan yang lebih umum dan abstrak yang diperoleh lebih dulu oleh seseorang, akan dapat memudahkan perolehan pengethuan baru yang lebih rinci. Gagasannya mengenai cara mengurutkan mteri pelajaran dari umum ke khusus, dari keseluruhan ke rinci, yang sering disebut sebagai subsumptive sequence menjadikan belajar lebih bermakna bagi siswa.
Advance organizer yang juga dikembangkan Ausubel merupakan penerapan konsepsi tentang struktur kognitif dalam merancang pembelajaran. Penggunaan Advance organizer sebagai kerangka isi akan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari informasi baru, karena merupakan kerangka dalam bentuk abstraksi atau ringkasan konsep – konsep dasar tentang apa yng dipelajari, dan hubungannya dengan materi yang telah ada dalam struktur koginitif siswa.
Kelebihan dan kekurangan teori Kognitif
a. Kelebihan teori Kognitif
Ø Dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk memecahkan masalah (problem solving).
Ø Dapat meningkatkan motivasi
b. Kekurangan teori Kognitif
Ø Karena guru bukan sumber belajar utama dan bukan kepatuhan siswa yang dituntut dalam refleksi atas apa yang telah di perintahkan dan dilakukan oleh guru. Maka dalam hal ini kewibawaan guru akan berkurang yang berdampak pada penghormatan seorang siswa kepada seorang guru juga akan berkurang.



III Teori belajar Sosial
Menurut teori belajar social, proses belajar harus dimulai dan ditujukan untuk memanusiakan manusia itu sendiri. Teori belajar social sifatnya lebih abstrak dan lebih mendekati bidang kajian filsafat, teori kepribadian, dan psikoterapi dari pada bidang kajian psikologi belajar. Teori social sangat mementingkan isi yang dipelejari dari pada proses belajar itu sendiri. Teori ini lebih banyak berbicara tentang konsep – konsep pendidikan untuk membentuk manusia yang dicita – citakan, serta tentang proses belajar dalm bentuknya yang paling ideal. Dengan kata lain, teori ini lebih tertarik pada pengertian belajar dalam bentuknya yang paling ideal dari pada pemahaman tentang proses belajar seperti yang telah dikaji oleh teori – teori belajar lainnya. Teori social berpendapat bahwa teori belajar apapun dapat dimanfaatkan, asal tujuannya untuk memanusiakan manusia yaitu mencapai aktualisasi dan pamahaman diri, serta realisasi diri orang yang belajar secara optimal.
Banyak tokoh penganut aliran social, diantaranya adalah Kolb yang terkenal dengan “Belajar Empat Tahap”, Honey dan Mumford dengan pembagian tentang macam – macam siswa, Hubermas dengan “Tiga macam tipe belajar”, serta Bloom dan Krathwohl yang terkenal dengan “Taksonomi Bloom”. Berikut akan diuraikan lebih rinci beberapa pandangan mereka.
3.1 Pandangan Kolb terhadap Belajar
Kolb seorang ahli penganut aliran social membagi tahapan belajar menjadi empat yaitu :
Tahap pengalaman konkret
Seseorang mampu atau dapat mengalami suatu peristiwa atau suatu kejadian sebagaimana adanya.
Tahap pengamatan aktif dan reaktif
Seseorang makin lama akan semakin mampu melakukan observasi secara aktif terhadap peristiwa yang dialaminya.
Tahap konseptualisasi
Seseorang sudah mulai berupaya untuk membuat abstraksi, mengembangkan suatu teori, konsep, atau hukum dan prosedur tentang suatu yang menjadi objek perhatianya.
Tahap eksperimentasi aktif
Melakukan eksperimentasi secara aktif.
Tahap – tahap belajar ini dilukiskan sebagai siklus yang berkesinambungan dan berlangsung diluar kesadaran orang yang belajar.
3.2 Pandangan Honey dan Mumford terhadap teori belajar
Honey dan Mumford menggolong – golongkan orang yang belajar ke dalam empat macam atau golongan, yaitu :
a. kelompok aktivis adalah mereka yang senang melibatkan diri dan berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan dengan tujuan untuk memperoleh pengalaman – pengalaman baru.
b. Kelompok reflector yaitu mereka yang melakukan suatu tindakan dengan sangat berhati – hati dan penuh pertimbangan.
c. Kelompok teoris adalah mereka yang memiliki kecenderungan yang sangat kritis, suka menganalisis, selalu berfikir rasional dengan menggunakan penalarannya.
d. Kelompok pragmatis yaitu mereka yang memiliki sifat – sifat yang praktis, tidak suka berpanjang lebar dengan teori – teori, konsep – konsep, dalil – dalil, dsb.
3.3 Pandangan Habermas terhadap belajar
Menurutnya, belajar baru akan terjadi jika ada interaksi antara individu dengan lingkungannya (alam maupun social). Habermas membagi tipe belajar menjdi tiga, yaitu :
Belajar teknis (technical learning) adalah bagaimana seseorang dapat berinteraksi dengan lingkungan alamnya secara benar.
Belajar praktis ( practical learning) adalah belajar bagaimana seseorang dapat berinteraksi dengan lingkungan sosialnya, yaitu dengan orang – orang disekelilingnya dengan baik.
Belajar emansipatoris (emancipators learning) menekankan upaya agar seseorang mencapai suatu pemahaman dan kesadaran yang tinggi akan terjadinya perubahan atau transformasi budaya dalam lingkungan sosialnya.
3.4 Pandangan Bloom dan Krathwohl terhadap belajar
Bloom dan Krathwohl lebih menekankan perhatian pada apa yang mesti dikuasai oleh individu (sebagai tujuan belajar), setelah melalui peristiwa – peristiwa belajar. Tujuan belajar yang dikemukakannya dirangkum dalam tiga kawasan yang dikenal dengan sebutan Taksonomi Bloom. Pada tataran praktis, taksonomi Bloom ini telah membantu para pendidik untuk merumuskan tujuan – tujuan belajar yang akan dicapai, dengan rumusan yang mudah dipahami. Secara ringkas, ketiga kawasan dalam taksonomi Bloom adalah sebagai berikut:
Domain kognitif, terdiri atas 6 tingkatan yaitu :
1) Pengetahuan (mengingat, menghafal)
2) Pemahaman (menginterprestasikan)
3) Aplikasi (menggunakan konsep untuk memecahkan masalah)
4) Analisis (menjabarkan suatu konsep)
5) Sintesis (menggabungkan bagian – bagian konsep menjadi suatu konep utuh)
6) Evaluasi (membandingkan nilai – nilai, ide, metode, dsb)
b. Domain psikomotor, terdiri atas 5 tingkatan, yaitu :
1) Peniruan (menirukan gerak)
2) Penggunaan (menggunakan konsep untuk melakukan gerak)
3) Ketepatan (melakukan gerak dengan benar)
4) Perangkaian (melakukan beberapa gerakan sekaligus dengan benar)
5) Naturalisasi (melakukan gerak secara wajar)
c. Dominan afektif,terdiri atas 5 tingkatan,yaitu :
1) Pengenalan ( ingin menerima,sadar akan adanya sesuatu )
2) Merespon ( aktif berpatisipasi )
3) Penghargaan ( menerima nilai –nilai ,setia pada nilai-nilai tertentu )
4) Pengorganisasian ( menghubung-hubungkan nilai-nilai yang dipercayainya )
5) Pengalaman ( menjadikan nilai-nilai sebagai bagian dari pola hidupnya )
3.5 Arthur Combs ( 1912 -1999 )
Bersamaan dengan Donald Snygg menyatakan bahwa belajar terjadi bila mempunyai arti bagi individu.Guru tidak bisa memaksakan materi yang tidak disukai atau tidak relevan dengan kehidupan mereka.
3.6 Abraham Maslow
Teori Maslow didasarkan atas asumsi bahwa di dalam diri individu ada dua hal yaitu suatu usaha yang positif untuk berkembang dan kekuatan untuk melawan atau menolak perkembangan itu.
3.7 Carl Rogers
Rogers membedakan dua tipe balajar yaitu Kognitif ( kebermaknaan ) dan Experiental (berpengalaman atau signifikansi ).Guru menghubungkan pengetahuan akademik kedalam pengetahuan terpakai seperti mempelajari mesin dengan tujuan memperbaiki mobil. Kualitas belajar Experiential Learning mencakup : keterlibatan siswa secara personal,berinisitif,evaluasi oleh siswa sendiri dan adanya efek yang membekas pada siswa.

Kelebihan dan kekurangan teori Sosial
a. Kelebihan teori social
Ø Pembelajaran dengan menggunakan teori ini sangat cocok untuk diterapkan untuk materi-materi pembelajaran yang bersipat pembentukan kepribadian,hati nurani,perubahan sikap, dan analisis terhadap fenomena social. Indikator dari keberhasilan indikasi ini adalah siswa merasa senang bergairah, berinisiatif dalam belajar dan terjadi perubahan pola piker,perilaku dan sikap atas kemauan sendiri. Siswa diharapkan menjadi manusia yang bebas,berani,tidak terikat oleh pendapat orang lain dan mengatur pribadinya sendiri secara bertanggung jawab tanpa mengurangi hak-hak orang lain atau melanggar aturan,norma,disiplin atau etika yang berlaku.
b. Kekurangan teori social
Ø Karena dalam teori ini guru adalah sebagai fasilator maka kurang cocok diterapkan yang pola pikirnya kurang aktif atau pasif . Karena bagi siswa yang kurang aktif dia akan takut atau malu untuk bertanya pada gurunya sehingga dia akan tertinggal oleh teman-temanya yang aktif dalam kegiatan pembelajaran, padahal dalam teori iniguru akan memberikan respon bila murid yang diajar juga aktif dalam menanggapi respon yang diberikan oleh guru. Karena siswa berperan sebagai pelaku utama ( student center ) maka keberhasilan proses belajar lebih banyak ditentukan oleh siswa itu sendiri,peran guru dalam proses pembentukan dan pendewasaan kepribadian siswa menjadi berkurang




Sumber :
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno, Hamzah. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksana.
Wilis Dahar, Ratna. 1989. Teori – Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
http://neozonk.blogspot.com/2008/02/teori belajar.html

2 komentar:

  1. kelebihan dan kekurangan belajar behavioral dan kognitif itu terdapat dibuku manakah dari sumber-sumber yang bapak cantumkan tersebut?? dibalas secepatnya ya pakk,, sebab buat ngerjain tugas dan bsk dprsentsikan,, :) makasihh :)

    BalasHapus